Rabu, 04 Desember 2013

Cara seting karbulator untuk motor non standar

hay sobat ketemu lagi ni dengan saya DIAN D'CHETER yupz pada kali ini DIAN akan berbagi tentang cara SETING KARBULATOR UNTUK MOTOR NON STANDAR ya pasti tidak asing lagi kan kalian mendengar kata-kata ini ya saya share belum yg tahu aja hehehe ok lanjut untuk lebih jelasnya silahkan simak berita di bawah ini baik-baik

Bahan yang perlu sekiranya disiapkan.
  1. Spuyer
    Entah pilot jet atau pun main jet, kedua spuyer itu harus dipersiapkan untuk mempercepat proses setting. Memang dana yang keluar banyak untuk mempunyai beberapa stok spuyer tersebut.
    pilot jet dan main jet
  2. Alat bongkar pasang karburator
    Biasanya hanya obeng, kunci pas, dan kunci L.
    ilustrasi alat
  3. Mesin
    Kondisi mesin harus sudah 100% oke dan juga pastikan tidak ada kebocoran maupun kesalahan teknis lain nya. Cek juga bensin nya.
    sepeda motor
  4. Nyali dan tekad yang kuat
    Selain itu, kesabaran dan tanggung jawab juga diperlukan.
Cara setting karburator.

  1. Test nyala mesin kendaraan nya
    Kalau sulit menyala, maka ada 2 kemungkinan. Pertama pasokan bensin kurang dan kedua pasokan bensin berlebihan. Coba angin2 karburator dimainkan terlebih dahulu hingga mesin menyala
  2. Blayer gas nya
    Rasakan yang terjadi. Kalau bunyi ngoook brarti suplai bensin kurang. Kalau rpm tidak mau naik disertai asap hitam di knalpot brarti terlalu banyak suplai bensin nya. Setel ulang angin2 untuk mengatasinya. Kalau masih belum lanjut ke point 3.
  3. a. Mbrebet di putaran langsam → PJ turun step
    b. RPM mesin tinggi di putaran langsam → PJ naik step
    c. Mbrebet di putaran atas → MJ turun step
    d. Ngook saat gas tiba - tiba dibuka penuh → MJ naik step
  4. Tes jalan
    Setting di nomer 3 hanya saat motor diam di tempat. Begitu dirasakan langsam normal, rpm mesin sanggup di puncak RPM, test jalan motor Anda. Kalau terjadi seperti point 3 maka ubah lagi spuyernya sesuai dengan indikasi yang ada.
    Knalpot meledak-ledak → PJ kurang besar
    Nafas putaran atas lambat mengisi → MJ kurang besar
    Mbrebet/ngook? Terjadi di rpm berapa?
    Setelah mengulang point 3, Anda harus test jalan lagi hingga motor dapat normal dan performa nya maksimal. Jika tetap ada mbrebet/ngook maka lanjut ke point 5.
  5. Perhatikan gambar berikut ini!
    Pada bukaan skep berapa mulai terjadi indikasi mbrebet/ngook? Setelah melihat gambar, sesuaikan saja.
    a. 0 - ¼ putaran = PJ kurang cocok, angin2 kurang pas
    b. ¼ - ½ putaran = Cutaway kurang cocok
    c. ½ - ¾ putaran = Klip jarum skep pindah posisi
    d. ¾ - penuh = MJ kurang cocok
  6. Sebisa mungkin cari setting karburator hingga busi mampu berwarna merah bata keseluruhan, motor nyaman dikendarai, serta tidak boros bahan bakar. Setelah mendapatkannya, ubahan tersebut dapat menjadi patokan standar karburator tersebut untuk motor Anda.
klik gambar untuk memperbesar
Sekian, mohon maaf atas kekurangannya. Mungkin postingan saya sulit dicerna apalagi di-praktek kan. Anyway, Selamat mencoba! Semoga sukses.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Cara seting karbulator untuk motor non standar
Ditulis Oleh Unknown
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Cara seting karbulator untuk motor non standar ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

0 komentar:

Posting Komentar

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.OgoqHD14.dpuf